Aussie Mencoba Tes Support

Penurunan secara global terhadap harga komoditas serta pudarnya permintaan yang berasal dari China, mitra dagang utama bagi Australia, mendorong kurs dolar Australia (Aussie) berada di level terendah dalam lima setengah tahun terakhir pada pekan ini, dan saat ini Aussie tengah menghadapi uji support kuat.

Aussie tertekan pada level $0,7870 di hari Senin (26/1), yang merupakan level terendah sejak Juli 2009. Saat ini kurs tengah mencoba untuk menguji level support minor pada $0,79. Bila level support minor tersebut tembus maka seharusnya bisa menimbulkan konsolidasi atas kurs AUD/USD.

Aussie menjadi kurang menarik akibat perlambatan ekonomi dan ekspektasi kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve dalam waktu dekat.

Bila dilihat dari grafik jangka panjang bisa ditegaskan bahwa level $0,79 merupakan level support yang wajar. Level support kuat berikutnya adalah $0,62 yang terbentuk pada akhir 2008 dan awal 2009. Reserve Bank of Australia menargetkan kurs AUD/USD untuk berada dilevel $0,75, sehingga ada kemungkinan kurs akan berkonsolidasi dibawah $0,79 dan diatas $0,75.